Jajanan Pasar Terbaik di Surabaya

 Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, tidak hanya dikenal dengan kehidupan perkotaannya yang sibuk dan kemajuan ekonominya yang pesat, tetapi juga dengan jajanan pasar yang lezat dan menggugah selera.

Jajanan pasar merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari penduduk Surabaya. Dari anak-anak hingga orang dewasa, semua menyukai ragam jajanan pasar yang dapat ditemukan di berbagai sudut kota ini.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jajanan pasar terbaik di Surabaya yang dapat Anda nikmati.

Jajanan Pasar Terbaik di Surabaya

Surabaya, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki beragam jajanan pasar yang menggugah selera. Setiap sudut kota ini menyimpan rahasia kelezatan jajanan tradisional yang telah menjadi favorit bagi banyak orang. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa jajanan pasar terbaik di Surabaya yang patut Anda coba. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Rujak Cingur

Rujak cingur adalah jajanan khas Surabaya yang terkenal dengan kuah petisnya yang lezat. Terbuat dari irisan sayur-sayuran segar seperti ketimun, bengkuang, tauge, dan cingur (hidung sapi), rujak ini kemudian disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Anda bisa menemukan rujak cingur yang lezat di Warung Rujak Cingur Lidah Wetan, yang terletak di Jalan Lidah Wetan No. 1 Surabaya.

Lontong Balap

Lontong balap adalah jajanan pasar yang populer di Surabaya. Terdiri dari lontong (nasi ketan yang dibungkus daun pisang), taoge (kecambah), lentho (makanan yang terbuat dari tahu yang diisi rebung), dan tahu goreng, lontong balap disajikan dengan kuah kaldu kental yang kaya rasa. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi lontong balap adalah di Warung Lontong Balap Peneleh yang terletak di Jalan Peneleh No. 24 Surabaya.

Semanggi Surabaya

Semanggi Surabaya merupakan jajanan pasar yang terbuat dari daun singkong yang direbus dan dicampur dengan bumbu pecel (bumbu kacang khas Surabaya) serta topping seperti tauge, kacang, dan krupuk. Anda dapat menikmati Semanggi Surabaya di Pasar Genteng Kali, yang berada di Jalan Raya Kali Genteng, Surabaya.

Rujak Shantung

Rujak Shantung adalah jajanan pasar yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan segar seperti mangga, jambu biji, kedondong, dan bengkoang yang disiram dengan saus bumbu kacang pedas. Rujak Shantung yang lezat bisa Anda temukan di Rujak Shantung Pak Shantung, yang berlokasi di Jalan Kedungdoro No. 11 Surabaya.

Tips memilih jajanan pasar yang lezat dan berkualitas

Memilih jajanan pasar yang lezat dan berkualitas adalah hal yang penting untuk menghindari masalah kesehatan dan menikmati pengalaman kuliner yang memuaskan. Berikut ini beberapa kiat yang dapat membantu Anda dalam memilih jajanan pasar yang baik:

1. Kebersihan: Pastikan tempat penjualan jajanan pasar tersebut bersih dan higienis. Pedagang yang menjaga kebersihan tangan dan peralatan masaknya akan membantu mencegah penyebaran penyakit melalui makanan.

2. Bahan baku: Perhatikan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan jajanan pasar. Pilihlah jajanan pasar yang menggunakan bahan baku segar dan berkualitas untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

3. Penampilan: Amati penampilan jajanan pasar tersebut. Pilihlah jajanan pasar yang terlihat menarik dan dijaga dengan baik. Jajanan pasar yang terlihat segar dan disajikan dengan rapi cenderung memiliki kualitas yang baik.

4. Reputasi penjual: Ketahui reputasi penjual jajanan pasar tersebut. Tanyakan kepada orang-orang sekitar atau cari informasi melalui media sosial. Jika penjual memiliki reputasi yang baik dan banyak pengunjung yang puas, kemungkinan besar jajanan pasar yang mereka jual juga berkualitas.

Kuliner nostalgia Surabaya

Selain jajanan pasar populer, Surabaya juga memiliki sejumlah kuliner nostalgia yang mencerminkan sejarah dan budaya kota ini. Salah satunya adalah rujak soto, kombinasi antara rujak cingur dan soto ayam. Rujak soto memiliki rasa yang unik dan menggugah selera.

Selanjutnya, ada rawon, sejenis semur daging berkuah hitam yang menggunakan bumbu khas Jawa Timur. Dengan kuah yang gurih dan daging yang empuk, rawon menjadi hidangan yang sangat lezat. Tidak ketinggalan adalah sate kelopo, sate yang menggunakan kelapa parut sebagai bahan utama dalam proses pengolahannya. Rasanya yang gurih dan aroma kelapa yang khas membuat sate kelopo menjadi makanan nostalgia yang sulit dilupakan.

Kesimpulan

Surabaya memiliki banyak jajanan pasar terbaik yang dapat memanjakan lidah Anda. Dari rujak cingur yang segar hingga lontong balap yang lezat, ragam jajanan pasar ini merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner Surabaya. Dalam memilih jajanan pasar, pastikan untuk memperhatikan kebersihan, bahan baku, penampilan, dan reputasi penjualnya.

Selain jajanan pasar, kuliner nostalgia seperti rujak soto, rawon, dan sate kelopo juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner di Surabaya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi jajanan pasar terbaik dan kuliner nostalgia di kota ini.


Comments

Popular posts from this blog

Kuliner Khas Minang di Padang: Menikmati Kelezatan Kuliner Padang

Mencicipi Delikates Italia di Jakarta: Nikmati Kuliner Italia yang Autentik dan Menggoyang Lidah